6 Tips Membangun Bisnis Tanpa Modal Bagi Pemula

Bisnis adalah sebuah usaha untuk memutar kembali uang yang didapatkan supaya mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda atau lebih banyak, semua orang sangat ingin membangun sebuah bisnis ataupun suatu usaha untuk mencukupi kebutuhannya untuk sehari-hari maupun untuk bisnis. Dengan berbisnis, peluang untuk sukses kedepannya juga akan semakin besar. Namun, tergantung juga dari upaya pebisnis untuk mengembangkan bisnis tersebut. Jika ada yang bilang untuk membangun suatu bisnis itu harus membutuhkan banyak uang, anda tidak perlu mendengarkannya. Sebenarnya, banyak sekali peluang bisnis yang bisa dilakukan tanpa modal. Tanpa modal ?, Ya, tanpa seperserpun. Nanti akan saya bahaskan dibawah.
Tapi, yang perlu anda tahu adalah membangun bisnis itu mudah dan yang sulitnya adalah mempertahankan bisnis tersebut dan menjalankannya dengan konsisten. Seperti yang kita ketahu, ada banyak bisnis yang gagal ditengah jalan hanya gara-gara terburu-buru memulainya tanpa memikirkan strategi yang efektif. Akan tetapi, jika anda ingin sukses dalam membangun sebuah usaha, maka perhatikanlah siapa pelanggan anda dan ketahuilah bagaimana target market mereka. Dengan begitu, peluang usaha anda tersebut akan semakin besar dan semakin banyak diketahui oleh orang lain.
Tanyakan pada diri anda sendiri bagaimana caranya untuk membangun bisnis anda lain dari pada yang lain. Jika pertanyaan tersebut sudah anda dapatkan jawaban, maka anda dapat membangun sebuah bisnis.Yang paling penting adalah sektor produk anda tersebut. Dengan adanya keunikan tersendiri pada berbagai produk anda, maka banyak investor yang akan tertarik untuk mendanai bisnis anda tersebut karena mereka tahu potensi marketnya sangat besar.
Cara Membangun Bisnis Tanpa Modal
Berikut adalah beberapa tips usaha yang memberikan inspirasi bagi anda yang mempunyai ide-ide cemerlang yang inovati untuk membangun bisnis dengan modal kecil bahkan tanpa modal sekaligus.
1. Meminjam Modal
Meminjam modal usaha adalah satu-satunya alternatif dan yang paling banyak dilakukan oleh setiap pelaku bisnis baru yang masih belum memiliki modal. Anda bisa meminjamkannya dari teman-teman atau orang tua jika memadai. Namun, anda juga harus meyakinkan mereka bahwa usaha anda tersebut akan memperoleh hasil yang memuaskan. Nantinya, hasil yang diperoleh tersebut dapat anda gunakan untuk melunasi pinjaman modal tadi.
2. Bekerja Dirumah Sendiri
Pastinya jika anda adalah pendatang baru dalam dunia berbisnis dan tidak mempunyai modal, poin kedua ini juga bisa anda terapkan. Disini anda bisa menjadikan rumah anda tersebut sebagai kantor untuk tempat anda bekerja. Dengan begitu, anda tidak akan perlu omset yang besar untuk menyewa tempat ruang kantor anda. Jika anda cuma memiliki rumah yang skala kecil, anda bisa memanfaatkan garasi ataupun salah satu ruangan untuk dijadikan sebagai work room dan gak ribet lagi untuk memikirkan uang sewanya.
3. Bekerja Sama
Ketika modal usaha untuk memulai bisnis cukup mahal, maka salah satu alternatifnya adalah dengan mencari partner kerja atau dengan cara bekerja sama. Anda bisa menawarkan kerja sama yang menarik dengan kenalan ataupun teman-teman anda. Kemukakan ide-ide cemerlang anda untuk membangun bisnis agar bisa mendapatkan kepercayaan dari partner anda tersebut. Dengan begitu, maka anda bisa bekerja untuk mengembangkan bisnis tersebut dengan mudah dan partner kerja anda yang akan mengurusi semua modal usahanya. Keuntungan bagi anda adalah anda bisa merealisasikan dan mengembangkan ide-ide anda dalam bisnis dan partner anda pun tidak harus pusing untuk memikirkan biaya operasionalnya karena sudah mempunya partner kerja yang dia percayai.
4. Membuat Website ataupun Blog



Kalau dilihat-lihat di zaman sekarang ini, banyak platform website yang menyediakan tempat untuk membuat website secara gratis. Salah satunya adalah Blogger dan WordPress, dan bisa memilih template untuk tampilan website anda sesuai yang anda inginkan. Bagi pelaku usaha kecil dan menegah, website adalah salah satu media yang paling efektif untuk memasarkan berbagai produk mereka dengan mudah. Dengan begitu, anda akan mendapatkan konsumen secara mudah dan bisa membagikan info yang telah anda tulis ke website tersebut kemudian dishare ke media social. Pastinya jika anda memiliki kawan yang akrap, mereka dengan senang hati men-share kembali informasi tersebut ke jangkauan yang lebih banyak.
5. Bernegosiasi dengan Pihak Perbankan
Anda sebagai calon pelaku bisnis pastinya harus pintar untuk bernegosiasi. Peluang untuk membangun bisnis dan mendapatkan modal sangat banyak, salah satunya adalah dengan teknik bernegosiasi. Seperti yang kita ketahui, sebuah Bank tidak akan memberikan pinjaman begitu mudah untuk Anda, anda perlu meyakinkan mereka tentang potensi dan keuntungan yang didapatkan dari usaha yang anda bangun tersebut.
6. Bekerja Keras & Fokus
Dalam menjalankan sebuah bisnis, anda perlu kesadaran tersendiri karena setiap usaha awalnya anda hanya bisa mendapatkan profit yang kecil ataupun sedikit bahkan belum bisa balik modal. Dengan begitu, fokuslah untuk mengembangkan bisnis anda tersebut dan selalu mengevaluasi kegagalan tanpa menyerah dan terus bekerja keras. Kenapa ? ” karena Kegagalan adalah awal dari kesuksesan “. Tentunya dari setiap perjuangan yang kita lewati, kita akan semakin tau dimana saja faktor yang mempengaruhi bisnis anda belum cukup berkembang. Percayalah, setiap usaha pasti akan membuahkan hasil.
Share This Article :
Copyright © 2017 Micinku - Safelink
How To Use
  1. Put the link on the Safe Link Converter box with http:// or https://
  2. Use CTRL + V on keyboard to put the link.
  3. Click the Safe Link Now! button to get encrypted link.
  4. Click the for Copy your link to clipboard!
  5. Done.

You also can use Lock Feature for Secure your encrypted link.
Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]